2

"Bikin Email dengan Domain Pribadi"

Senin, 27 Mei 2013
Share this Article on :

"Bikin Email dengan Domain Pribadi"

[ Preface ]
# Tutor ini dibuat hanya untuk sekedar mengulang / membagi pengetahuan tentang pembuatan email dengan domain sendiri memanfaatkan Mail Exchanger Server Google.
# Jika Anda punya domain sendiri dengan Hosting juga sendiri (gratis / bayar), lebih keren rasanya jika punya akun email dengan domain sendiri daripada email dengan domain milik web lain. *narsis dikit*
# Tutor ini ditujukan 99,99 % bagi yang belum tahu cara membuat akun email dengan domain sendiri ( nama@domainanda.tld)
[ Content ]
Mempunyai akun email di mail server besar seperti Gmail / Yahoo / Hotmail, memang hampir setiap orang memilikinya. Namun apabila kita daftar di akun email tersebut, kadang alamat email yang kita inginkan sudah ada orang lain yang terlebih dahulu mendaftar, jadinya keinginan tadi tinggal kenangan.
Nah, bagaimana kalo kita tetap ngebet ingin punya alamat email “premium” dengan kata seperti admin, contact, info, no-reply, me dan sebagainya yang biasa digunakan oleh situs-situs besar untuk melayanani user ?. Yap… semua itu bisa diwujudkan dengan memanfaatkan Gmail dari layanan Google Apps. Sebenarnya Google Apps punya beberapa layanan yang menarik seperti Google Calender, Docs, Groups, Sites, Video dan tentunya Gmail yang akan dijadikan target Mail Server ini.
Bikin email sendiri pake layanan email dari Web Hosting sebenarnya juga bisa, tapi lebih baik apabila resource dan bandwidht Hosting di hemat apalagi yang kapasitasnya pas-pasan. Gmail telah menyediakan kapasitas Email yang begitu besar (7 GB) untuk dipakai lewat pemanfaatan MX (Mail Exchanger) Servernya, Interface email yang lebih baik daripada yang dipake di Web Hosting, dan ditambah apabila nantinya Hosting bermasalah kita tetap bisa mengakses email dengan domain sendiri dibanding jika memakai layanan email dari Web Hosting.
Langsung aja yoo dan Lets Try……..
1. Pertamax, tentunya sediain domain pribadi sebagai domain email kita. Contoh : jhezer.com
2. Loncat ke http://google.com/a/cpanel/domain/new
3. Nah di sini masukin url Blog di form “Enter your domain name”. Contoh lagi : jhezer.com (gak pake www),trus pilih opsi Administrator dan lanjut ke “Get Started”.

4. Sama seperti rutinitas bikin email baru, isi form yang penting-penting aja (*) dan Continue.
5. Trus selanjutnya disuruh ngisi username, password dan captcha. Di isi yoo dengan pilihan masing-masing, tapi biasanya username “admin” jadi pilihan utama dan klik Accept Continue with setup.

6. Untuk Proses verifikasi, kayaknya lebih enak milih Upload html file yang dikasih ke Hosting.
7. File html yang dikasih biasanya dengan nama “googlehostedservice.html” plus dengan kode unik yang diberikan Om Gugel.


Artikel Terkait:

2 komentar:

Unknown mengatakan...

hmm... kalo pake subdomain gratisan bosa gk kaya hol.es gtuh..
mohon reply scepatny

Unknown mengatakan...

thanks buat ilmunya gan,,sangat bermanfaat sekali..

http://goo.gl/KXwr5p

Posting Komentar