1

instalasi backtrack 5 R3 menggunakan VMware

Jumat, 24 Mei 2013
Share this Article on :

instalasi backtrack 5 R3 menggunakan VMware

backtrack adalah sistem operasi yang berbasis linux dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Dimana sistem operasi ini banyak digunakan oleh para hacker, dan cyber crime. backtrack r R3 dirilis tepat pada tanggal 13 agustus 2012 dengan 60 tools baru yaiyu sqlmap, metasploits, backdooring, dsb
Berikut adalah langkah-langkah dalam instalasi backtrack menggunakan virtual machine VMware.

1. Download backtrack 5 R3 sesuai dengan prosesor anda (32 bit atau 64 bit) pada http://www.backtrack-linux.org/downloads/.

2. Download VMware pada http://files.indowebster.com/download/files/vmware_workstation_full_7_0_0_203740 (dalam percobaan kali ini saya menggunakan vmware 7)

3. lakukan instalasi VMware , kemudian jalankan program VMWare dengan cara START – ALLPROGRAMS – VMWARE – VMWARE WORKSTATION hingga muncul tampilan sebagai berikut:

1

2. kemudian tekan FILE – NEW – VIRTUAL MACHINE atau tekan NEW VIRTUAL MACHINE atau dengan ctrl + N,  sehingga muncul tampilan sebagai berikut:

3

3. Tekan NEXT untuk melanjutkan proses instalasi, kemudian muncul tampilan sebagai berikut:

4

4. Setelah muncul tampilan seperti gambar di atas, maka pilih cara instalasinya menggunakan media apa. Dikarenakan pada percobaan ini menggunakan *.iso. Maka pilih “Installer disc image file (iso)“, kemudian tekan “BROWSE” dan cari letak penyimpanan file iso tersebut kemudian tekan tombol “OPEN“, seperti tampilan sebagai berikut:

5

5. Setalah pemilihan cara instalasi, kemudian pilih jenis sistem operasinya. Untuk backtrack 5 R3 adalah LINUX – 2.6 X kernel.

6

6. kemudian beri nama virtual name anda sesuai dengan keinginan anda. Dalam percobaan berikut diberi nama dengan backtrack

7

 7. Kemudian tentukan kapasitas harddisk virtual yang dibutuhkan dalam instalasi. Secara default kapasitas akan diset dengan 8.0 GB, dan pilih settingan untuk jenis penyimpanannya :

 a. store virtual  disk : penyimpanan yang dilakukan berbentuk 1 file virtual dengan ukuran yang lumayan besar.

b. split virtual disk into 2 GB : penyimpanan dilakukan dalam pembagian file menjadi beberapa file dengan pembagian per 2 GB.

8. Kemdian lakukan customize pada settingan virtual anda sebagai berikut:

10

customize  terpenting adalah untuk memory hingga batasnya pada indikator hijau (batas minimum), anda dapat menambahkan file memorynya sesuai dengan kebutuhan anda.

9.  Kemudian FINISH ,  jalankan virtual mesin anda dengan menekan tanda panah hijau di atas sebelah kiri.

9

10. Tampilan loading yang terjadi pada instalasi anda adalah sebagai berikut:

11

11. Tekan enter pada layar hingga muncul tampilan sebagai berikut:

12

12 kemudian pilih “Backtrack – Testkemdudian teka ENTER. Hingga muncul tampilan sebagai berikut:

13

13. Ketik command berikut “Startx” untuk menampilkan halaman desktop

14

14. Kemudian akan muncul tampilan halaman desktop sebagai berikut:

16

15. Tekan icon “Install Backtrack”  hingga muncul tampilan backtrack sebagai berikut:

17

16. Pilih “ENGLISHuntuk bahasa pada backtrack  tersebut. Kemudian tekan “Forward” hingga muncul tampilan sebagai berikut :

19

17. tahapan ini adalah penyesuaian waktu pada lokasi anda, pada percobaan tersbeut pilih Regional : Asia dan Time zone : Indonesia (jakarta). Kemudian tekan forward dan muncul tampilan sebagai berikut:

20

18. ini adalah tampilan utuk keyboardnya, pada percobaan ini kita pilih default kemudian tekan forward hingga muncul tampilan sebagai berikut:

21

19. pada tahap persiapan “DISK SPACE”, dipilih settingan default yaitu Erase and use the entire disk. Kemudian tekan forward hingga muncul tampilan sebagai berikut:

22

20. Kemudian tekan “INSTALL” untuk mengakhiri proses instalasi pada backtrack 5 R3.

23

———-SELAMAT MENCOBA ———-


Artikel Terkait:

1 komentar:

Unknown mengatakan...

gan, kenapa ya di netbook ane gak bisa instal backtrack 5 r3
dan tidak munculnya icon INSTALL BACTKTRACK saat di dekstop itu kenapa ya gan?

Posting Komentar